Breaking News
Home » Basis Pengetahuan » 4 Langkah Agar Data Komputer Selamat
gtass protect computer

4 Langkah Agar Data Komputer Selamat

Dewasa ini, data komputer menjadi sesuatu yang sangat berharga. Oleh sebab itu, menjaga media penyimpanan pada komputer agar tetap bekerja optimal adalah hal yang tidak boleh di tawar lagi. Hard disk, komponen penyimpanan ini patut mendapatkan perhatian lebih. Ada langkah sederhana agar media penyimpanan ini awet dan bekerja optimal.

1. Hindari guncangan
Sebisa mungkin anda hindari guncangan dan benturan keras pada komputer atau laptop, yang di dalamnya terdapat piringan keras tersebut. Meski dewasa ini terdapat beberapa jenis harddisk yang telah menggunakan teknologi shock protection system yang berfungsi memberi penahan guncangan pada kumparan, kemampuannya terbatas. Guncangan sangat keras dapat menyebabkan head atau piringan tidak berada pada posisi semestinya.

2. Matikan komputer sesuai prosedur
Setelah selesai digunakan, matikanlah komputer sesuai prosedur. Dengan demikianm posisi head pada pelat piringan akan kembali ke posisi parkir, yakni terletak di pinggir pelat piringan. Jika komputer mati tidak sesuai prosedur, head akan tetap berada di atas pelat. Hal ini akan beakibat tidak presisinya head ketika membaca data pada harddisk. Putusnya arus listrik tiba – tiba juga akan berdampak melemahnya spindle.

3. Perhatikan aliran listrik
Aliran listrik yang masuk ke rumah sering kali tidak stabil. Untuk itu, gunakanlah stabilizer yang berfungsi menstabilkan arus listrik. Anda yang mempunyai dana lebih bisa membeli uninteruptable power system (UPS) sebagai penstabil tegangan dan penanggung daya. dengan menggunakan UPS, jika tiba – tiba listrik mati, komputer masih dapat digunakan beberapa saat sehingga memungkinkan kita menyimpan data pada komputer. Proses shut down juga dapat berjalan normal.

4. Koneksikan di saat tepat
Meski sejumlah jenis harddisk SATA (Serial ATA) mempunyai kemampuan hot swap, yakni kemampuan untuk dapat di sambung atau diputus saat komputer hidup, memasang harddisk pada saat komputer mati akan lebih aman. Hal ini untuk menghindari terjadinya hubungan singkat. Apabila terjadi korsleting pada harddisk, hal ini akan membuat data tidak terbaca dan rusak.

Sumber : kompas

Check Also

ping gtass.com

Tes Koneksi Jaringan dengan PING

Ping dapat digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). PING …