Breaking News
Home » Berita » Aspek Penting Dalam Penjualan
aspek penting penjualan gtass 1

Aspek Penting Dalam Penjualan

Kontrol Penjualan

Bisa meningkatkan penjualan adalah satu hal yang sangat baik, tetapi apabila tidak diimbangi dengan pengawasan atau kontrol penjualan akan mengakibatkan penjualan tersebut menjadi sia-sia.

Jenis Penjualan

Dilihat dari penerimaan uang atau pelunasan dari pembeli, transaksi penjualan dapat dibagi atas 2 (dua) bagian, yaitu :

  • Penjualan kas
    Penjualan kas dilakukan apabila langganan langsung melakukan pembayaran pada saat transaksi penjualan terjadi atau beberapa hari setelah tanggal invoice. Yang termasuk dalam penjualan kas adalah pelunasan oleh langganan dengan menggunakan uang tunai, debit bank, atau credit card (biasanya memerlukan waktu 2 hari kerja). Penjualan kas biasanya dilakukan kepada calon langganan baru yang belum dikenal (walking guess) yang biasanya datang langsung ke lokasi travel agency.
  • Penjualanan Kredit
    Penjualan kredit dilakukan apabila langganan melakukan pembayaran secara kredit. Kontrol penjualan kredit dilakukan dengan memberikan plafon dan term of payment kepada langganan. Penjualan kredit biasanya dilakukan kepada langganan lama seperti kepada perusahaan atau travel agency lainnya.

Informasi mengenai komposisi penjualan kas dan penjualan kredit sangat penting dalam rangka untuk analisa mengenai kebutuhan cash flow perusahaan

Plafon

Plafon atau kredit limit atau pembatasan kredit adalah jumlah maksimum yang dapat digunakan oleh langganan untuk melakukan pembelian produk secara kredit. Misalkan untuk langganan tertentu dibuatkan batas kredit sampai dengan Rp.10.000.000. Dengan plafon tersebut maka langganan tersebut hanya bisa membeli produk travel secara kredit tidak lebih dari Rp.10.000.000. Dengan adanya plafon maka dapat dihindari pembuatan invoice oleh staf operational dimana langganan tersebut sudah memiliki kredit melebihi dari plafon yang ada.

Term of Payment

Term of payment atau jangka waktu pelunasan  adalah batas waktu pelunasan yang diberikan kepada langganan untuk melunasi invoice. Misalkan invoice dibuat tanggal 10 Januari 2014 dengan jangka waktu pelunasan 14 hari, maka jatuh tempo pelunasan invoice tersebut adalah tanggal 24 Januari 2014. Langganan harus melunasi invoice tersebut sebelum tanggal 24 Januari 2014.

Semua aspek penjualan diatas tersebut sangatlah penting, sehingga penjualan menjadi hal yang semakin rumit dan memerlukan staf dan waktu yang banyak. Untuk melakukan itu semua secara manual hampir dapat dikatakan tidak memungkinkan. Travel Agency memerlukan sistem komputerisasi yang baik agar semua aspek penjualan tersebut dapat terpenuhi dengan mudah dan efisien. Apabila anda menyukai artikel ini harap like facebook kami.
Terima kasih.

Check Also

Penyusutan Aktiva Tetap

Penyusutan Aktiva Tetap

Definisi Aktiva tetap : Masa manfaatnya lebih dari 1 tahun. Digunakan dalam kegiatan perusahaan Dimiliki …