Dokumen Penerimaan Uang

Untuk dapat melakukan pengawasan atau kontrol transaksi penerimaan uang dan sebagai bukti pencatatan transaksi penerimaan uang, maka setiap transaksi penerimaan uang harus di dukung oleh dokumen Hal ini untuk memastikan bahwa transaksi penerimaan uang tersebut adalah sah dan benar. Dokumen yang biasanya digunakan dalam transaksi penerimaan uang adalah Bukti Penerima Kas/Bank, kuitansi sebagai tanda terima uang, bukti pendukung lainnya seperti copy invoice, rekening koran bank.

Voucher penerimaan Bank
Voucher Penerimaan Bank biasanya dilampirkan dengan invoice (copy kasir), di cap lunas, dan ditanda-tangani oleh kasir, kemudian di arsip urut nomor Voucher Penerimaan Bank. Voucher Penerimaan Bank biasanya memberikan informasi mengenai:

  • Tanggal dan Voucher Penerimaan Bank
  • Nomor Rekening Korang Bank
  • Nomor dan tanggal Check atau giro langganan
  • Perincian mengenai penerimaan Bank, seperti nomor invoice, nama langganan dan jumlah penerimaan uang.
  • Tanda-tangan kasir, tanda tangan yang memeriksa dan yang menyetujui.
Kuitansi
Kuitansi adalah bukti penerimaan uang. Penagihan kepada pelanggan menggunakan invoice, dan apabila sudah diterima pelunasan dapat dikeluarkan kuitansi sebagai bukti penerimaan uang. Beberapa pelanggan travel agent menghendaki pada saat penagihan selain invoice dilampirkan juga kuitansi.

Post a Comment