Jenis Pelunasan

Berdasarkan jenis pelunasan, penjualan dapat dibagi atas 2 bagian sebagai berikut:

  1. Penjualan kas
  2. Penjualan Kredit

  1. Penjualan kas
  2. Penjualan kas dilakukan apabila langganan langsung melakukan pembayaran pada saat transaksi penjualan terjadi atau beberapa hari setelah tanggal invoice. Yang termasuk dalam penjualan kas adalah pelunasan oleh langganan dengan menggunakan uang tunai, debit bank, atau credit card (biasanya memerlukan waktu 2 hari kerja). Penjualan kas biasanya dilakukan kepada calon langganan baru yang belum dikenal (walking guess) yang biasanya membayar langsung ke kasir.

  3. Penjualan Kredit
  4. Penjualan kredit dilakukan apabila langganan melakukan pembayaran secara kredit. Kontrol penjualan kredit dilakukan dengan memberikan kredit limit (plafon) dan jangka waktu pelunasan (term of payment) kepada pelanggan. Penjualan kredit biasanya dilakukan kepada langganan lama.

    1. Plafon.
    2. Plafon atau kredit limit atau pembatasan kredit adalah jumlah maksimum yang dapat digunakan oleh langganan untuk melakukan pembelian produk secara kredit. Misalkan untuk langganan tertentu dibuatkan batas kredit sampai dengan Rp.10.000.000. Dengan plafon tersebut maka langganan tersebut hanya bisa membeli produk secara kredit apabila plafon yang tersedia masih mencukupi. Dengan adanya plafon maka dapat dihindari pembuatan invoice oleh staf operational dimana langganan tersebut sudah memiliki kredit melebihi dari plafon yang ada.

    3. Jangka waktu Pelunasan (Term of Payment).
    4. Jangka waktu pelunasan adalah batas waktu pelunasan yang diberikan kepada langganan untuk melunasi invoice. Misalkan invoice dibuat tanggal 10 Januari 2019 dengan jangka waktu pelunasan 14 hari, maka jatuh tempo pelunasan invoice tersebut adalah tanggal 24 Januari 2019. Langganan harus melunasi invoice tersebut sebelum tanggal 24 Januari 2019.

      Contoh Penjualan Kredit:

      Piutang Usaha PT.ABC per 10 Juni 2019 adalah sebesar Rp.3.000.000.-

      Pada tanggal 10 Juni 2019, Invoice dibuat kepada PT.ABC sebesar Rp.1.000.000.-

      Kredit Limit PT.ABC adalah sebesar Rp.5.000,000.-

      Jangka waktu pelunasan adalah 15 hari

      Maka dalam kasus ini invoice sebesar Rp.1.000.000 masih bisa dibuat karena masih tersedia plafon sebesar Rp.2.000.000.-

      Sistem Komputerisasi dapat mempermudah melakukan kontrol penjualan kredit, dimana setiap pembuatan invoice, sistem melakukan pemeriksaan mengenai kredit limit dan jangka waktu pelunasan secar otomatis.  Contoh penerapan kontrol penjualan kredit secara Online dapat dilihat di program aplikasi GTASS di www.gtass.co.id

Post a Comment