Sistem dan Prosedur

Sistem dan prosedur sangat penting dan diperlukan di dalam suatu perusahaan. Tujuannya adalah agar setiap kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing bagian bisa dilaksanakan dengan yang baik, efisiensi dan benar sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan. Sistem dan prosedur merupakan bagian dari tugas dan tanggung-jawab yang harus dilakukan oleh setiap bagian.

Secara garis besar, sistem dan prosedur di perusahaan meliputi:

  1. Penjualan dan Penerimaan Uang
  2. Pembelian dan Pengeluaran Uang
  3. Penerimaan dan pengeluaran lainnya
  4. Lainnya seperti sistem dan prosedur personalia, aktiva tetap.

Sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan uang 

Sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan uang berkaitan dengan proses dan kontrol penjualan mulai dari order penjualan, pembuatan invoice, pencatatan piutang, penagihan sampai dengan penerimaan uang. Sistem dirancang untuk memastikan bahwa setiap penjualan dilakukan secara benar, lengkap dan akurat, efisien sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan. Sebagai contoh kebijaksanaan perusahaan adalah setiap penjualan harus dicatat melalui sistem komputer, dibuatkan invoice dan mendapat persetujuan baik mengenai seleksi pelanggan, harga, discount, jangka waktu dan plafon pelunasan.

Sistem dan prosedur pembelian 

Sistem dan prosedur pembelian berkaitan dengan proses dan kontrol pembelian produk, mulai dari order pembelian, pembuatan LG, pencatatan hutang, sampai dengan pembayaran Hutang. Sistem dirancang untuk memastikan bahwa setiap pencatatan hutang adalah sah, benar, lengkap akurat, effisien sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan. Contoh kebijaksanaan perusahaan mengenai pembelian adalah setiap pembelian harus dibandingkan harganya dari beberapa supplier agar diperoleh harga yang kompetitif, dicatat melalui sistem computer, dibuatkan LG dan mendapat persetujuan baik mengenai pilihan supplier, harga, jangka waktu pembayaran.

Sistem penerimaan dan pengeluaran lainnya 

Sistem penerimaan dan pengeluaran lainnya meliputi antara lain Uang Muka Pembelian, Uang Muka Penjualan, Refund Pembelian, Refund Penjualan dan Lainnya. Sistem ini berkaitan dengan sistem penjualan dan pembelian.

Sistem lainnya 

Sistem lainnya meliputi sistem lainnya diluar dari sistem penjualan dan pembelian, seperti sistem personalia, sistem aktiva tetap, dan lainnya